Thursday, July 18, 2013

Keindahan Tempat Wisata Raja Ampat, Papua, Indonesia


Raja Ampat merupakan salah satu tempat wisata terkenal yang indah yang berada di Papua, Indonesia. 
Perairan Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.

Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.

Mengunjungi kepulauan ini tidaklah terlalu sulit walau memang memakan waktu dan biaya cukup besar. Kita dapat menggunakan maskapai penerbangan dari Jakarta ke Sorong via Menado selama 6 jam penerbangan. Dari Sorong –kota yang cukup besar dan fasilitas lumayan lengkap- untuk menjelajahi Raja Ampat pilihannya ada dua, ikut tur dengan perahu pinisi atau tinggal di resor Papua Diving. Sekalipun kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam, sebenarnya lokasi ini menarik juga bagi turis non penyelam karena juga memiliki pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah, gugusan pulau-pulau karst nan mempesona dan flora-fauna unik endemik seperti cendrawasih merah, cendrawasih Wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek.
Dr John Veron, ahli karang berpengalaman dari Australia, misalnya, dalam sebuah situs ia mengungkapkan, Kepulauan Raja Ampat yang terletak di ujung paling barat Pulau Papua, sekitar 50 mil sebelah barat laut Sorong, mempunyai kawasan karang terbaik di Indonesia. Sekitar 450 jenis karang sempat diidentifikasi selama dua pekan penelitian di daerah itu.

Ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier (selat antara P. Waigeo dan P. Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag. Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. Di beberapa tempat seperti di kampung Saondarek, ketika pasang surut terendah, bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.


Spesies yang unik yang bisa dijumpai pada saat menyelam adalah beberapa jenis kuda laut katai, wobbegong, dan ikan pari Manta. Juga ada ikan endemik raja ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie. Di Manta point yg terletak di Arborek selat Dampier, Anda bisa menyelam dengan ditemani beberapa ekor Manta Ray yang jinak seperti ketika Anda menyelam di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Jika menyelam di Cape Kri atau Chicken Reef, Anda bisa dikelilingi oleh ribuan ikan. Kadang kumpulan ikan tuna, giant trevallies dan snappers. Tapi yang menegangkan jika kita dikelilingi oleh kumpulan ikan barakuda, walaupun sebenarnya itu relatif tidak berbahaya (yang berbahaya jika kita ketemu barakuda soliter atau sendirian). Hiu karang juga sering terlihat, dan kalau beruntung Anda juga bisa melihat penyu sedang diam memakan sponge atau berenang di sekitar anda. Di beberapa tempat seperti di Salawati, Batanta dan Waigeo juga terlihat Dugong atau ikan duyung.

Karena daerahnya yang banyak pulau dan selat sempit, maka sebagian besar tempat penyelaman pada waktu tertentu memiliki arus yang kencang. Hal ini memungkinkan juga untuk melakukan drift dive, menyelam sambil  mengikuti arus yang kencang dengan air yang sangat jernih sambil menerobos kumpulan ikan.

Selain tempat asyik untuk menyelam, ditemukan peninggalan prasejarah di kawasan gugusan Misool berupa cap tangan yang diterakan pada dinding batu karang. Uniknya, cap-cap tangan ini berada sangat dekat dengan permukaan laut dan tidak berada di dalam gua. Menurut perkiraan, usia cap-cap tangan ini sekitar 50.000 tahun dan menjadi bagian dari rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia dari kawasan barat Nusantara menuju Papua dan Melanesia.

21 comments:

  • Unknown says:
    8:58 PM

    indah banget, raja ampat emang surga diving.

  • wah ini memang tempat yg sangat bagus dan indah sekali alamnya, sangat menarik

  • sobat budiasa says:
    11:39 PM

    Belum pernah kesana, ada yang mau sponsorin ???


    salam kawan, terma kasih infonya

  • Love Always says:
    7:30 PM

    wow..want to go there

  • MHI says:
    7:05 AM

    wowo, memang indah,, love indonesia pokok'e :D

  • Dя Toxifier says:
    9:43 AM

    Happy Thursday! Weekend is not far now! :D

  • Unknown says:
    5:23 PM

    Nice place!

    48smart

  • Ririn Widiya says:
    10:25 PM

    Pengin ke Raja Ampat.. Tapi kok jauh ya.. :(

  • Unknown says:
    2:17 PM

    Teramat indah dan bagus untuk dikunjungi..

  • Anonymous says:
    5:55 AM

    Hello my friend, thank you very much for your visit, good weekend with peace and happiness. Hugs Valter.

  • Unknown says:
    7:21 AM

    papua eksotisme kawasan asia pasifik
    sense alam pasifik yang sungguh menenangkan jiwa ;)

  • Lina Gustina says:
    8:31 AM

    Tempat yang sangat indah, mudah2an saya bisa berkunjung ke sana.
    Membalas kunjungan nih :)

    www.1sthappyfamily.com

  • Cik Itah says:
    11:27 PM

    memang cantik :)

  • JIM says:
    3:10 AM

    RAJA AMPAT...
    tempat yang dari dulu ku idamkan...
    kapan ya bisa ke sana??



    oh, iya, tak lupa juga mau ngabari bahwa blog satu ini dapat award...
    selamat, anda adalah salah satu blogger baru yg mendapatkan award dari saya, silahkan dicek awardnya... ^_^

    http://shadowz-space.blogspot.com/2013/08/11-yang-menyusahkan.html

  • Anonymous says:
    5:53 AM

    Hello my friend, thank you very much for your visit, good weekend with peace and happiness. Hugs Valter.

  • Andi Syam says:
    10:21 AM

    luar biasa keindahan alamnya

  • zukhruf says:
    4:59 PM

    indonesia is the best pokonamah euy....

  • Dя Toxifier says:
    2:19 AM

    Hey! :) Happy Weekend! :D Thanks for the visit! :)10

  • Unknown says:
    12:34 AM

    mantaaaaaap

  • AZLA says:
    4:27 AM

    mantap sekali sobat
    sangat indah

  • Hadi Pramoko says:
    3:21 PM

    suatu saat nanti ane akan sampai ke raja ampat sobb :)